Paket Nyangkut? Jangan Takut, Lakukan 4 Tips Ini!

Paket Anda nyangkut? Sudah lebih 7 hari? Jangan takut. Yuk, ikuti 4 tips ini agar paket Anda segera sampai dan nggak nyangkut lagi!

 

Tips apabila paket Anda nyangkut di ekspedisi
Tips apabila paket Anda nyangkut di ekspedisi

 

Wah, harbolnas, nih. Siapa di sini yang suka kalap belanja saat harbolnas? Angkat satu tangan, gih.

Dulu, harbolnas (hari belanja online nasional) cuma ada sekali setahun, yaitu setiap tanggal 12 Desember atau lebih dikenal dengan tagline 12.12 (dua belas dua belas). Sekarang, e-commerce memperingati harbolnas lebih sering lagi, setiap bulan di tanggal cantiknya. Seperti 2 Februari, 3 Maret, 4 April, 5 Mei, dan seterusnya. Beberapa e-commerce juga merayakan kedatangan harbolnas sejak tanggal gajian, dari akhir bulan hingga awal bulan.

Menarik, sih. Tapi ingat, jangan sampai boros, ya.

Ketika momen belanja seperti harbolnas, ekspedisi biasanya jadi overload atau kelebihan pengiriman. Apalagi jika ditambah dengan momen besar (high season) seperti menjelang Idulfitri, Natal, atau Year End Sale yang biasa dijadikan para pengusaha sebagai ajang cuci gudang.

Orang menjadi lebih semangat belanja ketika e-commerce juga memberi pilihan gratis ongkos kirim ( free ongkir) pada customer mereka. Semakin banyak orang yang berbelanja, semakin overload para ekspedisi.

Karena hal tersebut, tidak sedikit orang yang mengalami gangguan keterlambatan pengiriman. Bahkan, ada juga yang mengalami salah kirim atau status paket tidak bergerak ketika berbelanja di luar high season.

Ada yang terlambat seminggu hingga sebulan, padahal toko asal dengan alamat tujuan berada di kota yang sama atau jaraknya dekat. Pasti bikin sedih, ya? Sudah menabung, sudah pilih barang dengan hati senang, sudah check out, hanya tinggal menunggu barang datang. Tapi, ternyata barang lama sampainya bahkan bisa salah alamat dan hilang.

Terus, kalau sudah begitu, gimana, dong?”

Keep calm. Jangan takut dulu. Anda bukan satu-satunya yang mengalami hal ini. Ada banyak orang yang paketnya nyangkut, jika Anda menelusuri kolom komentar di akun media sosial ekspedisi.

Kami juga pernah mengalaminya, karena itu kami ingin membagikan tips agar Anda bisa mendapatkan paket Anda ketika status paket sudah melebihi estimasi pengiriman.

Bagaimana tipsnya? Yuk, baca tipsnya berikut ini.

 

Cek Tracking Paket di Website Resmi

Biasanya, status perjalanan atau tracking paket sudah disediakan oleh e-commerce tempat Anda berbelanja. Namun, terkadang ada perbedaan ketepatan perubahan dan detail tracking paket. Untuk itu, Anda perlu memeriksa tracking paket melalui situs resmi ekspedisi. Misalnya, kurir rekomendasi yang digunakan e-commerce adalah Anteraja, maka Anda perlu ke www.anteraja.id untuk mengecek resi paket melalui fitur pelacakan.

Sebagian orang melakukan hal ini ketika paket sudah dalam tahap pengiriman. Dengan begitu, paket bisa diketahui keberadaannya. Dari sini pula, orang bisa tahu paket melalui beberapa proses sebelum sampai di tangan pembeli. Ketika perjalanan paket tidak seperti biasanya, pembeli bisa menjadikannya warning. Tetap cek berkala perjalanan paket Anda, dan jika sudah melebihi estimasi pengiriman, segera lakukan tips kedua.

 

 

Website resmi Ekspedisi Anteraja untuk mengecek posisi barang
Website resmi Ekspedisi Anteraja untuk mengecek posisi barang

 

Hubungi Semua CS Ekspedisi

Ketika paket Anda sudah melebihi estimasi pengiriman, segera hubungi customer service (CS) ekspedisi. Misalnya paket dengan jenis pengiriman reguler yang seharusnya 2-3 hari sampai, namun hingga hari keempat status perjalanannya tidak berubah atau berada di alamat yang salah. Dengan alasan ini, Anda bisa segera menghubungi CS ekspedisi.

Yang perlu Anda ingat, CS ekspedisi tidak hanya satu. Mereka memiliki beberapa lini CS yang bisa Anda hubungi. Hubungi semua lini CS tersebut jika paket Anda berisi produk yang rentan seperti elektronik, makanan, kosmetik, dan sejenisnya, yang seharusnya diperlakukan dengan hati-hati dan perlu segera diantar.

Bagaimana cara mengetahui lini CS sebuah ekspedisi?

Anda bisa melihatnya melalui situs resmi mereka. Biasanya, ekspedisi mencantumkan nomor CS mereka di situs resminya, mulai dari CS via telepon, Whatsapp, media sosial (instagram/twitter), hingga email. Mereka juga menyediakan fitur pesan otomatis seperti kotak pengaduan yang akan dibalas langsung melalui email.

Cobalah untuk menghubungi semua lini CS tersebut dan mintalah pada mereka agar melakuan pengecekan pada pengiriman. Jika paket sudah terlambat lebih dari seminggu, Anda juga bisa meminta pada CS agar memaksimalkan proses pengiriman, atau dengan kata lain, memprioritaskan paket Anda agar cepat sampai ke alamat tujuan.

 

Cara menghubungi Ekspedisi Sicepat
Ekspedisi Sicepat dapat dihubungi melalui kontak di websitenya

 

Komplain Via Social Media

Bila Anda sudah menghubungi semua lini CS ekspedisi, biasanya mereka akan meminta Anda menunggu 1-2 hari hingga ada perubahan status. Mereka juga akan meminta nomor Anda yang bisa dihubungi sewaktu-waktu untuk konfirmasi pelacakan paket. Namun, jika hingga hari kedua belum ada perubahan status tracking atau belum ada yang menghubungi nomor Anda, gunakanlah kekuatan social media. Anda sebagai netizen pasti tahu jika komplain melalui social media adalah cara ampuh agar “diperhatikan” oleh objek keluhan (dalam kasus ini adalah pihak ekspedisi).

Sampaikan keluhan Anda melalui kolom komentar postingan terbaru mereka. Cukup sampaikan dengan bahasa yang sopan dan detail, ya. Bila admin CS mereka memperhatikan Anda, ia akan meminta Anda untuk mengirim DM (direct message). Padahal Anda bisa saja sudah melakukannya, namun DM Anda tenggelam dan tidak terbalas. Tapi, jangan khawatir lagi. Jika CS sudah meminta langsung, mereka pasti akan membalas dan melakukan pengecekan terhadap keluhan Anda.

Bagaimana jika tidak “diperhatikan”?

Anda bisa melakukan komplain berulang-ulang hingga CS akun social media ekspedisi membalas keluhan Anda. Komplain ini bisa Anda sampaikan melalui kolom komentar pada Facebook, Instagram, atau Twitter. Selain melalui kolom komentar dan DM, Anda juga bisa membuat sebuah postingan, kemudian menandai (tag) akun resmi social media ekspedisi.

Selalu ingat untuk menggunakan bahasa yang baik, ya. CS ekspedisi bukanlah kurir atau staf operasional yang berperan mengirimkan paket Anda, tapi mereka bisa membantu proses pengiriman paket Anda lebih cepat dan lancar melalui pengecekan tracking dan menyampaikan keluhan pada pihak yang bertugas. Karena itu, jangan meluapkan kemarahan Anda pada mereka dengan bahasa yang kurang sopan.

Selain melalui CS ekspedisi, dan bila Anda membeli barang melalui e-commerce, Anda juga bisa mengajukan komplain kepada CS e-commerce mengenai paket yang melebihi estimasi pengiriman. Pihak e-commerce akan mengamankan dana pembelian Anda dan melakukan investigasi langsung ke ekspedisi. Cara ini terbukti lebih aman dan terpercaya, terlebih bila Anda menerima paket terlambat dalam keadaan rusak.

 

Komplain melalui media sosial
Komplain melalui media sosial

 

Cek Lagi Setiap Hari

Mengecek tracking? Sudah. Menelepon, mengirim email, menyampaikan keluhan melalui komentar dan DM akun social media juga sudah. Lalu apa tips berikutnya?

Cek lagi dan lagi, hingga Anda menerima paket dengan aman. Jika status pengiriman tidak berubah hingga waktu yang disebutkan CS, lakukan tips kedua dan ketiga berulang-ulang. Hal ini bisa membuat CS segera melakukan pengecekan pada kurir dan paket Anda bisa segera diantar ke alamat tujuan.

CS ekspedisi yang baik tidak akan mengabaikan keluhan customer yang disampaikan berulang-ulang. Berdasarkan pengalaman pribadi, mereka juga akan menelepon Anda untuk melakukan konfirmasi ketika paket sudah sampai di alamat tujuan.

Jika Anda hanya menyampaikan komplain satu kali dan tidak melakukan komplain ulang, CS bisa menganggap paket telah sampai dan permasalahan Anda selesai. Karena itu Anda perlu melakukan komplain berulang-ulang hingga paket Anda sampai ke alamat tujuan.

Bila paket sudah Anda terima, jangan lupa sampaikan terima kasih, ya. CS biasanya akan menghubungi Anda melalui telepon, Whatsapp, atau email untuk konfirmasi penerimaan paket. Saat itulah, Anda bisa menjawab jika paket sudah Anda terima dengan baik sembari menyampaikan terima kasih.

 

Pastikan selalu posisi paket Anda yang belum sampai
Pastikan selalu posisi paket Anda yang belum sampai

Ingin belanja banyak di supermarket tapi cuan? Yuk, baca tips and tricknya di sini!
Bagaimana? Sudah jelas, ya?

Sebagai bonus informasi tambahan, berikut kami cantumkan daftar CS ekspedisi lokal yang sering digunakan oleh beberapa e-commerce.

Telepon : 021-5020-0050/021-3000-5050

Email : customer.care@sicepat.com

Whatsapp: 0821-2222-2932 (pengaduan)/ 0813-1920-0030 (cek resi otomatis)

Instagram : @sicepat_ekspres

Twitter : @sicepat_ekspres

Facebook : @sicepatekspresofficial

 

Telepon : 021 – 50663333

Email : cs@anteraja.id

Whatsapp : 081196109367

Instagram : @anteraja.id

Twitter : @anteraja_id

Facebook : @Anterajaindonesia

 

Telepon : 021-29278888 (lihat daftar telepon tiap cabang JNE di sini.)

Email : customercare@jne.co.id

Instagram : @jne_id

Twitter : @JNECare

Facebook : @JNEPusat

 

Telepon : 021-8066-1888

Email : jntcare@jet.co.id

Whatsapp : 0811-8466-188

Instagram : @jntexpressid

Twitter : @jntexpressid

Facebook : @jntexpressindonesia

 

Email : info@idexpress.com

Whatsapp : 088-2000-111-000

Instagram : @idexpress_official

Twitter : @idexpress_care

Facebook : @IDexpress

 

Intinya, butuh tenaga dan waktu untuk menyelesaikan permasalahan paket nyangkut. Namun, percayalah, Anda tidak sendirian. Jika Anda perhatikan, hampir setiap hari selalu ada orang yang mengajukan komplain atau keluhan melalui kolom komentar social media ekspedisi. Paket mereka nyangkut, nyasar, bahkan ada yang hilang (status diterima namun tidak diterima oleh pembeli).

Keterlambatan dan masalah pengiriman tersebut memang sering terjadi, karena ekspedisi dijalankan oleh tenaga manusia yang bisa melakukan kesalahan.

Karena itu, ikuti empat tips sebelumnya agar paket Anda bisa sampai dengan aman di tangan Anda. Gunakan bahasa yang baik saat menyampaikan keluhan dan ucapkan terima kasih jika paket Anda telah sampai dengan aman.

 

Semoga kita selalu sehat dan cuan, ya!

Bagikan kepada teman-teman Anda...

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *