Punya Kelapa Parut Berlebih di Rumah? Bikin Sajian Ini, Yuk!

Aduh, ada sisa kelapa parut. Bingung buat apa? Yuk, baca ide resep sajian berbahan dasar kelapa parut berikut ini. Dijamin gampang dan enak, deh!

 

https://www.healthfulpursuit.com/2011/12/5-ingredient-chewy-vanilla-coconut-cookies/

 

Beberapa waktu lalu, saya dan teman serumah sedang ingin merepotkan diri untuk berbagi kesenangan. Caranya, dengan memasak bersama untuk dibagi ke beberapa orang terdekat.

Satu di antara bahan yang saya beli adalah kelapa parut. Belinya nitip di abang sayur langganan, jadi sekalian beli banyak.

Asal banget saya order dua kelapa. Sebelumnya juga baru sekali masak pakai kelapa parut, sih, jadi kurang tahu jumlah tepatnya.

Alhasil, berlebih, dong. Hehe. Banyak pula.

Akhirnya saya bingung, mau diapain ya?

Apa kalian juga pernah merasa seperti saya? Atau sedang merasa sekarang?

Jangan bingung. Semuanya pasti ada solusinya. (^_^)

 

Jangan dibuang juga, ya, sisanya. Sayang banget, kelapa kan butuh waktu lama untuk berbuah, dan marutin kelapa oakai alat manual juga pasti capek.

Jadi, kenapa nggak dibikin sajian sederhana nan enak?

 

Yuk, baca beberapa ide sajian berikut ini. Dijamin gampang tapi enak, deh.

 

Lima Resep Sajian dengan Bahan Kelapa Parut

 

Biji Ketapang

https://www.resepspesial.id/

Kalau kalian orang Betawi, pasti suka camilan satu ini. Saya bukan orang Betawi, tapi suka banget sama biji ketapang.

Katanya, ini camilan wajib di meja pas lebaran. Saya, sih, lebaran atau nggak, tetap suka. Makanya, pas kemarin ada sisa kelapa parut, langsung saya eksekusi jadi biji ketapang.

Resepnya gampang banget. Nggak pakai mixer atau oven, tetap bisa. Bahan-bahannya juga mudah dicari, nggak bikin ribet pokoknya.

Yuk, cobain.

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat Biji Ketapang:
  • 500 gr tepung terigu 
  • 200 gr kelapa parut
  • 120 gr gula pasir
  • 100 gr margarin
  • 1 butir telur
  • 1 saset santan instan
  • 50 – 70 ml air
  • ½ sdt garam
  • 1 saset vanili bubuk
  • minyak goreng secukupnya

Bahan-bahannya mudah, kan? Bikinnya juga nggak ribet, lho. Biar kalian lebih terarahkan, silakan lihat video resep dari CR Cook berikut ini, ya.

 

Seperti resep lainnya, biji ketapang ini versi resepnya banyak. Ada yang pakai tepung tapioka, taburan biji wijen, nggak pakai telur, juga ada yang nggak pakai kelapa parut.

Mau pakai versi resep manapun, bebas. Sesuka kalian, semau kalian.

Tapi, percaya, deh. Kalian pasti akan ngerasain bedanya biji ketapang pakai kelapa dan nggak pakai kelapa. Rasanya beda, meski sama-sama enak.

Tentu, saya lebih suka yang pakai kelapa parut. Lebih gurih dan nagihin banget.

 

Kue Kelapa

https://www.sizzleyum.com/

Apa bedanya kue kelapa dengan biji ketapang?

Kalau menurut saya, sih, beda bentuk dan cara membuatnya. Soal rasa, mirip.

Biji ketapang dibuat dengan cara digoreng, yang otomatis menggunakan minyak goreng yang cukup banyak. Tapi, kue kelapa tidak perlu minyak.

Sebagai gantinya, kalian perlu oven atau pemanggang biar kue kelapanya matang sempurna. Lebih sehat, dan bisa lebih cepat, lho.

Bahan-bahannya juga mirip dengan bahan biji ketapang, tapi tidak semuanya, ya.

Penasaran? Yuk, cobain.

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat Kue Kelapa:
  • 100gr mentega tawar
  • 100gr gula halus
  • 1 butir kuning telur
  • 30gr kelapa parut kering
  • 125gr tepung terigu protein sedang
  • 1/2 sdt baking powder
  • sejumput garam

Mau tahu cara membuatnya dengan lebih jelas? Yuk, tonton video lengkapnya dari Trivina Kitchen  berikut ini.

 

Kalau kalian pernah baca resep kue kelapa, mungkin kalian akan menemukan beberapa perbedaan. Ada yang pakai tepung maizena, susu bubuk, keju untuk taburan, irisan biji almond, juga ada yang nggak pakai telur, lho.

Sesuaikan dengan keinginan kalian, ya. Yang pasti cari yang mudah tapi enak. Hehe.

 

Kue Rangi

https://lifestyle.okezone.com/read/2018/01/10/298/1842853/manis-legit-kue-rangi-khas-betawi-cocok-disantap-pagi-hari

Bisa dibilang, rangi dan biji ketapang adalah saudara. Selain bahan dasarnya sama, rangi juga diyakini sebagai makanan tradisional khas Betawi.

Penjual rangi yang khas menggunakan tungku juga masih bisa kita jumpai, meski tidak sebanyak dulu.

Kalau kalian penggemar rangi dan ada sisa kelapa parut di kulkas, kalian wajib nyobain resep kue rangi yang super gampang banget.

Asal punya cetakan rangi, atau kue pukis, kalian bisa bikin kue rangi di rumah buat sekeluarga dan tetangga, lho. Hehe.

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat Kue Rangi:
  • 200 gr tepung sagu
  • 100 gr kelapa tua, diparut
  • Garam
  • Air
Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat Saus Gula:
  • 50 gr gula merah
  • 125 ml air
  • 3 sdm tepung sagu

Mudah alias gampang, kan, bahan-bahannya? Kalau kalian mau tahu cara membuatnya, lihat video resep rangi dari Masak.TV ini, ya.

Nggak punya cetakan rangi? Tenang, kalian juga masih bisa bikin di atas wajan dengan api sedang. Tapi, kalian perlu menyesuaikan dengan bentuknya biar tidak terlalu tebal, ya.

Beberapa resep lainnya juga menggunakan tepung tapioka, gula pasir, dan tepung maizena. Jadi bisa kalian sesuaikan sendiri di rumah.

 

Sate Kelapa Bali

Setelah yang manis-manis buat camilan, wajib cobain yang gurih buat lauk, dong.

Bahan-bahannya agak banyak, sih, tapi caranya mudah dan rasanya dijamin enak.

Namanya Sate Kelapa khas Bali. Ada juga yang bilang sate kepal kelapa atau sate lilit kelapa. Banyak banget versi resepnya.

Tapi, inti bahan dasarnya adalah kelapa parut dengan daging ayam, sapi, ikan, atau udang, lalu dibungkus menyelimuti atau dicampur dengan mencincang bahan dagingnya.

Kalau di rumah nenek saya dulu, setiap ada acara syukuran, pasti ada sate kelapa ini. Nenek saya memilih cara paling mudah, yaitu membungkus daging ayam dengan kelapa parut yang tebal, lalu digoreng.

Beda dengan nenek, budhe saya lebih suka kelapa parutnya dicampur dengan ayam cincang lalu dililit, baru dibakar/dipanggang.

Mau pakai resep dan cara apapun, sate kelapa selalu enak.

Penasaran, kan? Yuk, cobain resep sate kelapa berikut ini.

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat Sate Kelapa Bali:
  • 300 gr ayam dada ayam fillet, potong kecil
  • 50 gr kelapa parut
  • 50 ml santan instan
  • 1 sdt air asam
  • 1 batang sereh, geprek, sebagian iris halus
  • 2 lmbr daun salam
  • 10 batang sereh, untuk tusukan sate
Bumbu yang perlu dihaluskan:
  • 1 buah cabe merah besar + 2 buah cabe keriting
  • 5 btr bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 1 ruas jari jahe
  • 2 cm kunyit, bakar
  • 1 sdt terasi, bakar
  • 2 btr kemiri, sangrai
  • 1/2 sdt gula merah
  • 3/4 sdt garam
  • 1 sdm minyak

Mau tahu proses bikinnya? Yuk, lihat cara bikinnya di video berikut.

Biar lebih mantap, makan sate kelapa wajib pakai nasi. Apalagi kalau ada nasi kuning, orek tempe, telur balado, dan urap-urap, dan sambal. Nggak bisa nggak enak, deh. Cobain, ya!

 

Serundeng

http://singaporeshiok.blogspot.com/

Yang terakhir, makanan favorit saya sepanjang masa. Bikinnya paling mudah di antara lainnya, dan pasti enak meski dimakan hanya dengan nasi putih atau kerupuk.

Namanya serundeng. Bahan dasarnya kelapa parut yang disangrai dengan tumisan bumbu dan rempah-rempah aromatik.

Awalnya mungkin bahan-bahannya keliatan sulit, tapi aslinya, gampang banget. Sama sekali nggak susah, dan bisa awet lebih sampai seminggu atau bahkan lebih kalau disimpan di kulkas.

Biasanya, serundeng dijadikan bahan pelengkap untuk nasi kuning. Tapi, dimakan dengan nasi uduk, nasi liwet, atatu nasi putih saja juga enak, kok.

 

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat Serundeng

Bahan 1:
• 1 buah Kelapa muda, dikupas dan diparut

Bahan 2 (dihaluskan):
• 6 siung Bawang Putih
• 4 buah Bawang Merah
• 3 cm Lengkuas
• 3 cm Jahe
• 3 lembar Daun Jeruk
• 100 ml Air

Bahan 3:
• 1 1/2 sdm Desaku Ketumbar Bubuk
• 1 sdt Desaku Kunyit Bubuk
• 1 sdm Cabe Bubuk
• 3 sdm Gula Pasir
• 1 1/2 sdt Garam

Apakah masih tampak sulit? Tenang, biar kalian bisa tahu cara membuat serundeng dengan baik dan benar, tonton video resep serundeng dari Rudy dan  Sahabat TV ini, ya.

Kalau kalian ingin lebih enak, resep serundeng ini bisa dipadukan dengan ayam goreng atau empal sapi. Caranya, cukup dengan memasukkan ayam yang sudah digoreng sebelumnya atau empal sapi ketika serundeng masih setengah matang, lalu aduk bersamaan hingga serundeng matang dengan tekstur sesuai keinginan.

 

Mau belajar masak gratis di mana saja dan kapan saja? Bisa! Yuk, baca di sini.

 

Gimana?

Sudah nggak bingung lagi buat mengolah kelapa parut berlebih di kulkas, kan?

Selain lima resep tersebut, ada lebih banyak lagi resep dengan bahan utama atau bahan pendamping kelapa parut. Di antaranya ketan kelapa, sagon, telur dadar padang, ketan serundeng, taburan aneka kue seperti klepon, klanting/cenil, ketan hitam kukus dan sebagainya.

Kalian bisa cari sendiri di google, cookpad, atau youtube, ya.

Tapi, kalau kalian masih bingung mau masak apa, atau bahan-bahannya belum ada, kalian bisa simpan kelapa parut kalian di kulkas agar tahan hingga seminggu, atau di dalam freezer agar bisa tahan hingga enam bulan.

 

Semoga berhasil masak-masaknya, ya! (^_^)

Bagikan kepada teman-teman Anda...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *