10 Daftar Orang Terkaya di Dunia Versi Forbes di 2021

Mau tahu siapa orang terkaya di dunia? Yuk, baca daftar 10 orang terkaya di dunia di 2021 versi Forbes berikut ini!

 

Elon Musk, Orang Terkaya di Dunia Sebagai Pemilik Tesla
Elon Musk, Orang Terkaya di Dunia Sebagai Pemilik Tesla – https://www.actualidadmotor.com/

Siapa yang tidak penasaran dengan daftar “orang terkaya di dunia”?

Meski daftar orang terkaya di dunia sering berubah dari waktu ke waktu, nama-nama di dalamnya tidak berbeda.

Seolah mereka saling bersaing untuk bisa menjadi yang nomor satu, dan masyarakat di dunia menjadi penasaran, “Siapa pemenangnya?”

Karena alasan ini, beberapa media selalu membuat daftar orang terkaya di dunia. Selalu ada rasa penasaran yang menunggu daftar tersebut, baik itu dari kalangan biasa hingga kalangan orang-orang terkaya di dalam daftar tahun lalu.

Padahal, posisi 10 besarnya bisa berubah dan diganti dengan pendatang yang baru terkenal beberapa tahun belakangan.

Satu di antara media yang rutin dan populer dengan daftar orang terkaya-nya adalah Forbes.

Forbes mencatat Bill Gates dan Warren Buffet sebagai posisi 1 dan 2 selama beberapa tahun. Namun, keduanya kini kalah dari pendatang baru seperti Elon Musk, Jeff Bezos, dan Mark Zuckerberg.

Faktanya, Tesla, Amazon, dan Facebook baru menaiki tangga kepopulerannya ketika industri teknologi mulai booming beberapa tahun lalu.

Dikutip dari Forbes-World’s Billionaires List, pendiri Tesla dan SpaceX, Elon Musk telah menjadi pemegang peringkat pertama sebagai orang terkaya di dunia. Di penghujung 2021, total kekayaannya tercatat mencapai USD 278.4 miliar atau setara lebih dari Rp 4.008 triliun.

Sementara di posisi kedua ada nama Bernard Arnault, CEO dari Moët Hennessy Louis Vuitton (LVMH), atau yang lebih dikenal dengan nama Louis Vuitton (LV).

Uniknya, Bernard Arnault adalah satu-satunya orang dari luar Amerika Serikat yang berada di peringkat 10 besar orang terkaya di dunia.

Lalu, bagaimana dengan delapan orang lainnya?

Yuk, baca ulasan 10 daftar orang terkaya di dunia versi Forbes di tahun 2021 berikut ini.

 

1. Elon Musk (Elon Reeve Musk)

Elon Musk, orang terkaya di dunia versi Forbes

Tahu mobil Tesla? Elon Musk adalah dalangnya.

Mobil buatan perusahannya menjadi laris manis, hingga membuat namanya makin populer dan kekayaannya mulai menanjak.

Hal ini karena Elon Musk berhasil membuat Tesla sebagai proyek prototipe otomotif dunia untuk mengembangkan kendaraan listrik, ketika tidak banyak yang tahu tentang mobil listrik.

Nama Elon Musk juga sering menjadi trending di media sosial, terutama saat ia berhasil menggeser posisi Jeff Bezos sebagai orang terkaya di  dunia, saat usianya 7 tahun lebih muda.

Sumber kekayaan Elon Musk berasal dari kepemilikan 23% saham Tesla dan juga perusahaan roket luar angkasa SpaceX.

Sebagai posisi pertama, Forbes mencatat kekayaan Elon Musk di Desember 2021 ini mencapai US$ 278,4 miliar.

 

2. Bernard Arnault (Bernard Jean Étienne Arnault) and Family

Bernard Arnault , satu-satunya orang Eropa yang masuk dalam 10 daftar besar orang terkaya di duniaJika Anda sering mendengar nama Louis Vuitton, Christian Dior, Bulgari, TAG Heuer, Hublot, Tiffany & Co., dan Sephora, Anda wajib tahu tentang Bernard Arnault. Ia adalah pria asal Perancis yang sukses membuat brand-brand  tersebut mendunia.

Selain itu, Moët Hennessy Louis Vuitton (LVMH) juga menaungi lebih dari 80 brand lain, dan sekitar 60 di antaranya adalah brand fashion.

Saat ini, Bernard Arnault adalah satu-satunya orang dari luar Amerika Serikat yang menduduki 10 besar orang terkaya di dunia.

Sebelumnya, pria asal Perancis ini juga menduduki peringkat pertama orang terkaya di dunia pada Desember 2019, Januari 2020, dan Mei 2021.

Total kekayaan Bernard Arnault di Desember 2021 ini mencapai US$ 198,5 miliar.

 

3. Jeff Bezos (Jeffrey Preston Bezos)

Jeff Bezos - https://gratyo.com/Amazaon adalah perusahaan e-commerce yang didirikan oleh Jeff Bezos pada tahun 1994 dengan nama Cadabra, Inc. di sebuah garasi rumah yang berada di Seattle, Amerika Serikat.

Produk pertamanya adalah buku-buku bekas yang dijual secara secara online.

Hebatnya, Amazon telah membawa Jeff Bezos masuk ke dalam daftar 400 orang terkaya di dunia versi Forbes di tahun 1998, satu tahun setelah go public.

Amazon telah lama menjadi pundi-pundi kekayaan Jeff, jauh sebelum perusahaan e-commerce seperti Tokopedia, Shopee, atau bahkan Alibaba populer.

Amazon juga sejak lama menjadi tempat jual beli bari orang-orang di hampir seluruh dunia, terutama di Amerika Serikat.

Saat ini setidaknya ada lebih dari 40 anak perusahaan di bawah Amazon.com, Inc. yang telah menempatkan dirinya sebagai orang terkaya di dunia.

Seperti halnya Elon Musk, Jeff Bezos juga memiliki ketertarikan dengan perjalanan luar angkasa dengan mendirikan Blue Origin pada tahun 2000.

Forbes mengumumkan kekayaan Jeff Bezos di Desember 2021 tercatat mencapai US$ 195,1 miliar.

 

4. Bill Gates (William Henry Gates III)

Bill Gates selalu masuk dalam 10 besar daftar orang terkaya di duniaSelama 20 tahun terakhir, nama Bill Gates selalu berada di daftar 10 orang terkaya di dunia, dengan Microsoft Corporation sebagai sumber kekayaannya.

Bill Gates adalah orang yang sangat menyukai buku dan dia akan membaca buku dengan tema apa saja. Bersama sahabat masa kecilnya, Paul Allen, Bill Gates mendirikan Microsoft pada 1975 dan mulai masuk ke dalam bisnis Sistem Operasi pada 1980.

Lalu, pada tahun 1990, Microsoft Office mulai diperkenalkan dan telah menjadi aplikasi wajib bagi pelajar hingga karyawan perkantoran sampai sekarang.

Selain dari Microsoft, pundi-pundi dolarnya juga berasal dari beberapa investasi di berbagai sektor.

Pada Desember 2021, Bill Gates berhasil mengumpulkan kekayaan hingga US$ 138,8 miliar.

 

5. Larry Page (Lawrence Edward Page)

Larry Page - https://www.liputan6.comGoogle, sepertinya tidak ada yang tidak tahu nama ini.

Hampir seluruh dunia telah mengenal Google berkat adanya sistem Android yang dikenalkan sejak 2008 lalu.

Terutama bagi orang-orang yang mengikuti trendsetter di masa pandemi covid-19 dan mendapatkan banyak cuan dari produk Google bernama Youtube.

Google pertama kali diperkenalkan oleh Larry Page dan Sergey Brin pada tahun 1998.

Sama seperti Bill Gates, Larry suka sekali membaca buku dan majalah, terutama yang berbau teknologi dan sains.

Fakta ini tidak lepas dari Ayahnya, seorang profesor di Michigan State University yang telah meraih gelar Ph.D. dalam bidang ilmu komputer.

Demikian pula ibunya yang seorang instruktur pemrograman komputer di Lyman Brigg’s Collage of Michigan State University.

Karena kerja kerasnya dalam mengembangkan bisnis teknologinya, Google akhirnya mampu mengalahkan kedigdayaan Yahoo! yang sebelummya telah dulu menjadi raksasa teknologi dunia.

Hingga Desember 2021, total kekayaan Larry Page telah mencapai US$ 124,5 miliar.

 

6. Mark Zuckerberg (Mark Elliot Zuckerberg)

Mark Zuckerberg - https://www.marca.com/Anda pengguna Whatsapp?

Aplikasi wajib yang selalu terpasang di smartphone ini adalah satu di antara produk Meta Platforms, Inc. yang sebelumnya dikenal dengan nama Facebook, Inc.

Yups, pemilik Facebook, Whatsapp, dan Instagram adalah orang yang sama. Mark Zuckerberg adalah pencipta Facebook pada 2004, yang saat itu bersaing dengan MySpace dan Friendster.

Awalnya, Facebook hanya digunakan oleh mahasiswa perguruan tinggi dan universitas di Amerika Serikat.

Namun, karena besarnya minat publik, ia  mulai mengubah pikirannya untuk membuka Facebook secara umum. Dari sinilah, Mark berhasil mengubah cara orang-orang berkomunikasi dan terhubung satu sama lain tanpa batasan waktu dan tempat.

Untuk membuat Facebook-nya semakin berkembang, Mark mencari beberapa investor hingga dana segar datang dari pembelian 1.6% saham Facebook oleh Microsoft pada tahun 2008.

Kemudian,  pada April 2012 Facebook mengakuisisi Instagram dan dilanjutkan dengan mengakuisisi Whatsapp pada Februari 2014.

Tidak heran jika Forbes memberi Mark Zuckerberg posisi orang terkaya nomor 6 di dunia, dengan kekayaan mencapai US$ 123,1 miliar pada Desember 2021.

 

7. Larry Ellison (Lawrence Joseph Ellison)

Larry Ellison - https://nypost.comNama Larry Ellison mungkin cukup asing bagi sebagian besar orang, termasuk para pekerja di dunia IT sekalipun.

Dia adalah orang dibalik kesuksesan Oracle Corporation, sebuah perusahaan IT ternama yang bergerak di bidang software basis data (database) yang sangat bermanfaat bagi perkembangan dunia internet dan website.

Nama Oracle muncul pada tahun 1977, sebuah proyek pengolahan basis data saat ia bekerja di Ampex Corporation.

Dilihat dari cerita masa kecilnya, kehidupan Larry Ellison tidak baik-baik saja. Sejak usia 9 bulan, ia sudah diadopsi oleh bibinya dan tidak pernah bertemu ibu kandungnya lagi hingga usia 48 tahun.

Kisah percintaannya pun tidak berjalan sesukses perkembangan bisnisnya saat ini. Dia diketahui telah bercerai sebanyak 4 kali.

Tidak seperti orang-orang terkaya lainnya, Larry Ellison dikenal sebagai orang yang sangat suka berfoya-foya dan paling sedikit beramal.

Dia lebih suka membelanjakan uangnya untuk kepuasannya sendiri sehingga Forbes sempat memberinya skor 4/10 dalam hal filantropi.

Dia juga banyak mengumpulkan berbagai properti mewah seperti lapangan golf di California, vila di Jepang, dan juga membeli 98% Lanai (pulau terbesar keenam di Hawaii).

Meski begitu, di Desember 2021 Forbes tetap memasukkan nama Larry Ellison di daftar orang terkaya di dunia dengan total kekayaan mencapai US$ 120,3 miliar.

 

8. Sergey Brin (Sergey Mikhaylovich Brin)

Sergey Brin - https://www.hurriyet.com.trSergey Brin lahir di Rusia. Saat usianya belum genap 10 tahun, keluarganya pindah ke Amerika Serikat karena ayahnya mendapatkan pekerjaan sebagai pengajar matematika di Universitas Maryland.

Tidak hanya berasal dari ayahnya, kepandaian Sergey Brin juga berasal dari ibunya yang berprofesi sebagai peneliti di NASA (National Aeronautics and Space Administration).

Bersama dengan Larry Page, Sergey Brin mendirikan Google ketika keduanya mengambil gelar Ph.D. pada 1998. Inilah titik awal kesuksesan yang menjadikannya urutan kedelapan orang terkaya di dunia.

Dengan keterampilan mereka dalam web programming, keduanya mengembangkan algoritma PageRank yang berguna untuk menentukan seberapa penting sebuah situs (website page).

Kamar asrama Larry Page mereka sulap menjadi lab server dan menghubungkannya dengan jaringan di Universitas Stanford.

Hingga hari ini, Google menjadi mesin pencari yang paling banyak digunakan di seluruh dunia dan telah dilengkapi dengan produk-produk lain seperti GMail, Youtube, Google Maps, Android, dan masih banyak lagi.

Pada Desember 2021, Forbes mencatat Sergey Brin ke dalam daftar orang terkaya di dunia dengan kekayaan mencapai US$ 119,4 miliar.

 

9. Warren Buffett (Warren Edward Buffett)

Warren Buffett - https://longrunplan.com/Para trader dan investor saham pasti sering mendengar nama Warren Buffet, investor paling sukses yang berhasil menempati posisi ke-9 di daftar orang terkaya di dunia.

Seperti halnya Bernard Arnault, Warren Buffett adalah orang terkaya di dunia yang bukan berasal dari bisnis teknologi.

Warren Buffett lahir di Omaha, Nebraska, dan telah mengembangkan minatnya dalam bidang bisnis dan investasi sejak masih muda.

Setelah lulus dari Columbia Business School, Warren Buffett mengembangkan konsep Value Investing dalam berinvestasi, yang sebelumnya telah dipelopori oleh Benjamin Graham.

Pada 1956, Warren Buffett membentuk sebuah perusahaan Buffett Partnership, Ltd. dan mengakuisisi sebuah perusahaan tekstil bernama Berkshire Hathaway.

Namun pada 1967, Warren Buffett mulai melebarkan sayap Berkshire Hathaway ke industri asuransi dan investasi, kemudian menutup bisnis tekstilnya pada tahun 1985.

Hingga saat ini Berkshire Hathaway telah banyak berinvestasi di perusahaan-perusahaan besar dan terkenal seperti ConocoPhillips, The Coca-Cola Company, IBM, Apple, Mitsubishi, Sumitomo, dan Amazon.

Hingga Desember 2021, Forbes mencatat kekayaan Warren Buffet yang sukses mencapai US$ 109,3 miliar.

 

 

10. Steve Ballmer (Steven Anthony Ballmer)

Steve Ballmer - https://www.ballmergroup.orgSteve Ballmer adalah seorang pengusaha dan investor yang pernah menjabat sebagai CEO Microsoft dari tahun 2000 hingga 2014, menggantikan Bill Gates kala itu.

Disamping kejeniusannya dalam mengelola perusahaan sebesar Microsoft, Steve Ballmer juga tidak lepas dari kritikan berbagai pihak.

Satu diantaranya adalah kegagalannya dalam memanfaatkan beberapa teknologi baru di bidang tablet, smartphone, dan juga pemutar musik portabel.

Padahal, teknologi baru seperti layar sentuh, mobil pintar, atau smart watch, sudah pernah dikembangkan oleh Microsoft, bahkan jauh sebelum Google dan Apple memanfaatkan teknologi tersebut.

Hal ini disebabkan karena Steve Ballmer tidak ingin Microsoft kehilangan potensi pendapatan yang sangat besar yang berasal dari Microsoft Windows dan Microsoft Office.

Karena banyaknya kritikan terhadap Steve Ballmer, BBC menobatkan Steve Ballmer sebagai CEO terburuk di tahun 2013.

Saat ini ia adalah founder dari BallmerGroup.org dan pemilik tim bola basket Amerika, Los Angeles Clippers yang berlaga di National Basketball Association (NBA).

Meski tidak lagi menjabat sebagai CEO Microsoft, Steve Ballmer masih bisa berada di daftar orang terkaya di dunia dengan total kekayaan mencapai US$ 105,8 miliar pada Desember 2021.

 

Ingin sukses sejak dini? Bisa! Yuk, baca strategi sukses di sini!

 

Itulah ulasan 10 orang terkaya di 2021 versi Forbes.

Jika Anda menarik kesimpulan, ada kesamaan yang dimiliki oleh para orang terkaya di dunia, yaitu sama-sama suka berinvestasi dan sangat dermawan.

Selain itu, mereka telah menempuh jalur pendidikan yang cukup tinggi untuk mendapatkan wawasan dan pengalaman yang menunjang bisnis mereka.

Mereka juga memiliki cerita perjuangan dan kesulitan hidup yang mampu membentuk mental mereka demi mencapai kesuksesan.

Bila Anda cari tahu lebih mendalam, jarang ada kisah orang kaya yang tidak inspiratif, yang membuktikan bahwa orang terkaya pun tidak semua terlahir kaya dan harus berjuang untuk bisa kaya.

 

Jadi, dari sepuluh nama di daftar Forbes tahun ini, siapa orang terkaya favorit Anda?

Share di kolom komentar, ya! ^^

Bagikan kepada teman-teman Anda...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *