Lakukan 3 Hal Berikut Jika Anda Merasa Salah Jurusan Kuliah

Jika Anda Merasa Salah Jurusan Kuliah
https://nationalcareersweek.com/

Jika Anda yang sudah merasa salah jurusan kuliah, pasti ada pertanyaan di dalam hati, baiknya apa yang harus dilakukan?

Tetap lanjut kuliah atau keluar dan memulai dari awal di jurusan lain?

Belajar dan mengerjakan hal yang bukan passion tentu akan membuat kita menjalani semua itu dengan setengah hati.

Itu lah yang dirasakan oleh para mahasiswa yang merasa dirinya salah jurusan kuliah.

Beberapa dari mahasiswa tersebut pasti terbesit pikiran untuk pindah ke jurusan yang diinginkan dengan harapan nanti kuliahnya akan lebih rajin, lebih semangat, dan lebih temotivasi sehingga bisa menjadi mahasiswa berprestasi.

Namun sebelum berencana untuk pindah jurusan, apakah Anda sudah mempertimbangkan seberapa besar keputusan itu bisa Anda pertanggungjawabkan?

Apa yang mendasari Anda sehingga memiliki rencana untuk pindah jurusan?

Pertanyaan itu wajib Anda jawab untuk memastikan bahwa setelah Anda benar-benar pindah jurusan Anda tidak akan mengucapkan kalimat “ahhh… ternyata sama saja…”

Jangan sampai keputusan untuk pindah jurusan hanya akan membawa Anda ke masa lalu yang kelam, bahkan lebih kelam karena Anda harus menyelesaikan masa kuliah Anda lebih dari 4 tahun.

Pindah jurusan kuliah merupakan keputusan yang besar karena efeknya juga banyak, seperti masa kuliah yang lebih lama dan harus harus memulai semuanya dari awal sehingga otomatis akan menambah biaya kuliah .

Selain itu, memilih jurusan kuliah adalah salah satu yang menentukan bagaimana kehidupan Anda di masa depan.

Sebelum memutuskan untuk pindah jurusan, sebaiknya Anda pertimbangkan beberapa hal berikut.

 

 

1. Pastikan Anda Sudah Memiliki Rencana Karir yang Jelas

Renungkan apa yang akan Anda lakukan 10 hingga 20 tahun mendatang.

Berarti Anda harus memikirkan apa yang akan Anda kerjakan dan yang Anda peroleh di usia 30 hingga 40 tahun.

Dari hasil merenung, dapat Anda gunakan untuk menentukan jurusan yang kira-kira dapat mendukung karir Anda di 10 hingga 20 tahun mendatang.

Namun jika Anda belum memiliki gambaran tentang masa depan Anda, sebaiknya urungkan rencana Anda untuk pindah jurusan. Anda masih belum menggali diri Anda lebih dalam.

Renungkan berbagai pengalaman di hidup Anda sebelum kuliah dan gali lebih dalam untuk menemukan minat Anda yang sebenarnya.

Saat di masa sekolah, tentu ada hal lain yang Anda kerjakan di luar sekolah seperti mengikuti berbagai lomba atau kegiatan sukarela.

Setelah Anda mampu menggali minat Anda, Anda dapat menentukan tujuan terbesar dalam hidup Anda.

Tujuan besar itulah yang nanti dapat Anda jadikan penentu keputusan Anda untuk memilih jurusan kuliah yang baru atau tetap melanjutkan kuliah yang sekarang.

 

2. Pastikan Diri Anda Terbuka terhadap Berbagai Macam Pilihan

Pilihannya tetap melanjutkan kuliah, pindah jurusan yang diinginkan, atau justru tidak melanjutkan kuliah dan memilih untuk belajar di tempat kursus kilat yang ilmunya lebih aplikatif.

Bersikaplah nertal dengan tidak condong pada pilihan-pilihan tertentu.

Buang juga pikiran bahwa bahwa Anda sudah berkuliah di jurusan yang salah.

Dengan membuat diri Anda terbuka terhadap berbagai macam pilihan, itu akan membuat Anda untuk berpikir secara lebih bebas dan tidak terbatas pada persepsi tertentu.

Bisa jadi Anda akan menemukan ketertarikan tertentu terhadap jurusan kuliah yang sedang Anda jalani yang berdampak pada performa Anda dalam kuliah.

Selain itu, Anda bisa berkonsultasi dengan kakak tingkat atau dosen di jurusan kuliah Anda tentang bagaimana menentukan masa depan Anda.

Pandangan orang lain tentang jurusan kuliah, mungkin dapat Anda jadikan pertimbangan.

 

3. Pastikan Bahwa Anda Menggali Lebih Dalam Tentang Jurusan Kuliah Anda yang Sekarang

Anda harus sudah benar-benar paham apa yang akan dipelajari di jurusan kuliah Anda dan bagaimana prospeknya di masa depan.

Jangan sampai Anda pindah jurusan karena Anda belum tahu apa-apa tentang jurusan Anda.

Pelajari lebih lanjut tentang jurusan Anda dengan cara berkonsultasi kepada dosen atau kakak tingkat Anda,

Mungkin ada hal-hal yang bisa membuat Anda tertarik di jurusan kuliah Anda yang sekarang yang belum Anda ketahui.

Bisa jadi di jurusan Anda kuliah yang sekarang, ada mata kuliah yang membuat Anda tertarik sehingga performa belajar Anda meningkat.

Atau jurusan Anda yang sekarang ternyata mendukung tujuan hidup dan masa depan Anda dengan cara lain yang belum Anda ketahui.

 

 

Kesimpulannya, memilih jurusan kuliah, baik sejak awal maupun keputusan untuk pindah kuliah, bukanlah hal sepele yang bisa Anda tentukan dalam waktu semalam.

Kuliah merupakan langkah awal Anda untuk menjalani kehidupan Anda di masa depan tanpa bantuan dari orang lain dan pilihan Anda berkuliah akan menentukan masa depan Anda di lebih dari 30 tahun lamanya.

Kuliah akan menghabiskan waktu Anda 3 sampai 5 tahun dengan harapan dapat bekerja dan berpenghasilan untuk memenuhi kebutuhan hidup Anda dan keluarga Anda di masa depan.

Semoga dapat memilih jurusan kuliah yang tepat bagi masa depan Anda.

Bagikan kepada teman-teman Anda...

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *