5 Toko Roti Legendaris di Jakarta yang Wajib Anda Kunjungi!

Anda suka roti? Anda juga tinggal di ibu kota? Jika ya, Anda wajib mengunjungi 5 toko roti legendaris di Jakarta berikut ini. Ada juga toko roti yang sudah ada sejak sebelum Indonesia merdeka, lho. Rasa rotinya dijamin enak, autentik, dan unik daripada roti kekinian lainnya.

Maison Weiner Cake Shop
Maison Weiner Cake Shop – https://klasiloka.kompas.id/baca/6-toko-roti-legendaris-jakarta/

Sebagai pecinta roti, toko roti atau yang biasa disebut bakery menjadi tempat cuci mata yang menyenangkan. Pun ketika sedang berjalan-jalan di mall, mencium aroma roti yang sedang dipanggang menjadi sebuah hiburan tersendiri yang tidak boleh terlewat. Setuju?

Meski tidak membeli semuanya, melihat jajaran roti yang tersaji dengan rapi di rak cukup membuat perasaan bahagia seharian. Iya, kan, Bread Lovers? Karena itu, toko roti menjadi pilihan destinasi wisata kuliner yang sering dicari para pecintanya.

Anda yang tinggal di Jakarta, pasti sering menjumpai toko roti modern yang menarik dan memiliki cita rasa yang lezat. Namun, apakah Anda sudah berkunjung ke toko roti legendaris di Jakarta?

Sebagai ibu kota, Jakarta tidak hanya terkenal dengan sejarah dan kemegahannya. Jakarta juga memiliki warisan budaya kuliner yang beragam, termasuk roti. Beberapa toko roti legendaris yang masih eksis hingga saat ini, ada di kota Batavia tersebut. Sayang, jika sebagai pecinta roti, Anda lupa berkunjung atau bahkan tidak tahu keberadaan toko roti legendaris di Jakarta.

Tidak ingin menyesal, kan? Nah, berikut ini daftar toko roti di Jakarta yang sudah melegenda sebelum Indonesia merdeka yang wajib Anda kunjungi.

 

Toko Roti Lauw

Gerobak Roti Lauw
Google Review/Mujaya Hertadi

Familiar dengan gerobak roti warna biru dan putih? Jika Anda penyuka roti dan tinggal di Jakarta, Anda pasti pernah melihat gerobak Roti Lauw. Mereka biasanya tersebar di area-area yang ramai, seperti tempat wisata dan perumahan.

Lauw Bakery sudah ada sejak sebelum Indonesia merdeka, lho. Tepatnya pada 1940. Pendirinya, Lau Tjoan To atau Junus Jahja, mulai berjualan roti dengan menggunakan gerobak. Dari beliau juga, nama toko roti ini terbentuk.

Lauw Bakery terkenal dengan cita rasa rotinya yang padat dan berisi. Ada berbagai varian roti yang dibuat oleh Lauw Bakery. Dari sekian banyak varian, dua varian yang menjadi ciri khas Lauw Bakery yaitu roti gambang dan roti buaya. Harga yang dibanderol pun variatif namun terjangkau, dimulai dengan harga Rp 7.000,- saja.

Ingin mencoba langsung roti Lauw dari tokonya? Anda bisa mengunjungi toko roti Lauw yang buka pada pukul 09.00 – 18.00 WIB setiap Senin – Sabtu di Jl. RS. Fatmawati Raya No. 42, Cipete Utara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Mau ke sana sekarang? Klik Toko Roti Lauw untuk menemukan lokasinya di Google Maps, ya.

 

Toko Roti Tan Ek Tjoan

Gerobak Tan Ek Tjoan
Google Review/Sihar Deanova Harianja

Satu lagi toko roti legendaris yang masih menjajakan rotinya dengan gerobak. Namanya Tan Ek Tjoan, yang juga diambil dari nama pendirinya.

Seperti merk roti legendaris lainnya, roti Tan Ek Tjoan sudah ada sebelum kemerdekaan, yakni pada 1920-an. Setelah terkenal, merk roti ini baru membuka toko rotinya sendiri pada 1953 di kawasan Tamansari, kemudian pindah ke Cikini pada 1955. Lalu, pada 2014 toko roti Tan Ek Tjoan pun pindah ke Ciputat, Tangerang Selatan.

Iya, sekarang toko roti Tan Ek Tjoan tidak lagi berlokasi di Jakarta, namun bisa dengan mudah Anda kunjungi karena masih berada di area Jabodetabek. Anda juga bisa merasakan roti Tan Ek Tjoan dari gerobak penjaja roti mereka yang tersebar di area Jakarta dan sekitarnya.

Tan Ek Tjoan populer dengan roti lembutnya yang manis dan terasa khas. Meski begitu, Tan Ek Tjoan juga mengikuti perkembangan zaman dengan membuat variasi roti yang beragam, di antaranya roti sosis, roti abon, roti keju, roti kacang, roti danish, hingga kue brownies.

Tertarik merasakan cita rasa roti jadul Tan Ek Tjoan? Anda bisa mengunjungi toko roti Tan Ek Tjoan di Jl. W. R. Supratman No. 45,  Ciputat Timur, Tangerang Selatan yang buka setiap hari pukul 07.00 – 19.00 WIB.

Good news, untuk Anda yang berada Jawa Barat, Anda juga bisa mengunjungi toko roti legendaris Tan Ek Tjoan yang ada di Bogor, tepatnya di Jl. Siliwangi No. 176 Sukasari, Lawanggintung, Bogor.

Namun, jangan khawatir jika Anda merasa ada perbedaan rasa pada dua cabang tersebut, karena keduanya dikelola oleh orang yang berbeda dan sudah mengikuti perkembangan selera pecinta roti kekinian.

Ingin segera ke sana? Klik tautan berikut untuk bisa menemukan lokasi  Toko Roti Tan Ek Tjoan di Google Maps, ya.

Tan Ek Tjoan Ciputat

Tan Ek Tjoan Bogor

 

Toko Roti Maison Weiner

 

Maison Weiner Cake Shop
https://klasiloka.kompas.id/baca/6-toko-roti-legendaris-jakarta/

Maison Weiner Cake Shop, toko roti yang tidak kalah legendarisnya dengan toko roti tua lainnya di Jakarta. Toko roti ini didirikan sejak 1936 oleh Ny. Gem atau Lee Liang Mey. Hingga sekarang, bakery tertua ini hanya memiliki dua cabang yakni di kawasan Senen dan Pantjoran PIK Extension.

Meski zaman sudah berkembang, Maison Weiner tetap menjaga orisinalitasnya. Roti andalan mereka adalah roti yang dibuat dari adonan sourdough, yang menggunakan ragi alami, tanpa gula, tanpa lemak, dan tanpa pengawet. Karena itulah roti Maison Weiner dianggap sebagai roti yang menyehatkan dan digemari banyak pelanggannya. Selain roti berbasis sourdough, Maison Weiner juga menyajikan aneka roti lainnya yang tidak kalah enak, yaitu jenis roti manis, cake, dan pastry. Beberapa roti Maison Weiner yang selalu laris manis diburu pelanggan di antaranya ialah Chocolate Almond Sourdough Bread, Woll Roll Bread, dan Socijsbrood.

Tertarik mencoba roti sehat yang autentik? Anda bisa mendatangi toko roti Maison Weiner yang buka setiap Senin – Sabtu pada pukul 07.00 – 18.00 WIB di Jl. Kramat II No. 2, Senen, Jakarta Pusat atau klik link Maison Weiner Cake Shop untuk mengetahui lokasinya di Google Maps.

 

 

Toko Roti Okky (Okky Bakery)

Okky Bakery
Google Review/C. JKT

Dari tulisan di pintu masuknya, toko roti legendaris satu ini sudah ada sejak 1975. Sama seperti beberapa bakery legendaris lainnya, nama toko roti ini juga diambil dari nama pendirinya yaitu Okky Halim.

Okky Bakery membuat lebih dari 100 roti dan kue setiap hari. Jenisnya pun sangat beragam, tidak hanya kue dan roti yang dipanggang, Okky Bakery juga membuat jajanan/kue tradisional yang sangat digemari masyarakat Indonesia.

Mereka juga membuat roti dengan resep lama yang khas dan lezatnya tidak diragukan lagi. Karena hal ini, mereka mampu berkembang dan bertahan hingga saat ini. Beberapa roti dan kue yang paling digemari pelanggan Okky Bakery ialah roti sobek, roti keju, kroket, risoles isi daging ayam/sapi, kue sus, hingga tahu isi.

Penasaran dengan roti dan kue lezat buatan Okky Bakery? Anda bisa mengunjungi Okky Bakery setiap hari dari pukul 07.00 – 18.00  di Jl. Guntur No. 40, Setiabudi, Jakarta Selatan.

Mau ke Okky Bakery minggu ini? Anda bisa klik link Okky Bakery untuk menemukan lokasinya di Google Maps. Tapi, ingat ya, khusus Sabtu – Minggu mereka hanya buka hingga pukul 17.00 WIB.

 

Toko Roti Tegal

Toko Roti Tegal
Google Review/Devi Dimitra Maksum

Selain Okky Bakery, ada lagi toko roti legendaris yang juga menjual roti dan kue tradisional, namanya Toko Roti Tegal. Menurut sejarah, toko roti ini sudah ada sejak 1968. Namanya menyesuaikan dengan asal daerah pemiliknya yang berasal dari Tegal, Jawa Tengah.

Sejak berdiri hingga sekarang, toko roti ini tetap mempertahankan cita rasanya dengan menggunakan teknik lama, yaitu memanggang dengan oven gas. Karena itu roti buatan Toko Roti Tegal memiliki tekstur yang tidak begitu lembut namun tidak mudah kempes dan permukaan yang berwarna kecoklatan karena terpanggang dengan sempurna.

Sama seperti bakery legendaris sebelumnya, Toko Roti Tegal juga membuat roti dan kue tradisional yang tidak kalah enaknya. Beberapa roti dan kue buatan mereka yang populer di antaranya ialah roti manis isi coklat, roti sosis, roti isi daging, croissant keju/coklat, dan berbagai kue tradisional seperti pastel, putu ayu, bolu mekar, hingga bolu gulung.

Jika Anda penyuka roti dengan cita rasa jadul atau jajanan tradisional, Anda wajib mengunjungi Toko Roti Tegal yang buka setiap hari dari pukul 07.00 – 19.00 di Jl. Matraman Raya No. 68,  Jakarta Timur atau temukan lokasinya di Google Maps dengan mengklik tautan Toko Roti Tegal.

 

 

Bagaimana, bakery lovers? Sudah memutuskan akan berkunjung ke toko roti legendaris yang mana?

Apa cuma ada lima toko roti legendaris di Jakarta?

Tentu saja tidak. Masih ada lagi toko roti legendaris di Jakarta, kok. Ada Suisse Bakery, Sakura Anpan Cake Shop, Gandy Steak House & Bakery, dan beberapa lainnya.

Jika Anda bingung mau pilih yang mana, Anda bisa mulai dari yang paling dekat atau yang paling populer dulu.

Jangan lupa share pengalaman atau pertanyaan Anda di kolom komentar, ya!

 

Happy weekend!

Bagikan kepada teman-teman Anda...

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *