Bingung Mau Pilih Investasi Emas Batangan atau Perhiasan? Kenali Dulu Perbedaannya

Investasi Emas Batangan atau Perhiasan
Investasi Emas Batangan atau Perhiasan? Kenali Dulu Perbedaannya

Menentukan pilihan antara investasi emas batangan atau perhiasan ternyata cukup membuat pusing para investor pemula.

Di dalam sejarah manapun, emas dalam bentuk perhiasan, peralatan rumah tangga, dan perabotan yang bernilai artistik, telah menjadi lambang kekayaan.

Bahkan dalam kisah kerajaan Majapahit, setelah raja menjamu tamu dari kerajaan lain, peralatan makan yang terbuat dari emas dibuang ke dalam sebuah kolam yang sangat luas.

Kolam ini bernama kolam Segaran yang berukuran 375 x 175 meter dan berlokasi di Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto.

Dalam perkembangannya, investasi emas tidak lagi hanya dilakukan dalam bentuk perhiasan saja, sebab menyimpan perhiasan emas sudah mulai dianggap merepotkan dan berisiko.

Beberapa penggemar emas mulai banyak menggunakan emasa batangan sebagai instrumen investasi emas.

Emas batangan cenderung lebih aman dan lebih mudah untuk disimpan karena bentuknya yang sederhana.

Selain itu, harganya yang stabil dan relatif naik dalam jangka panjang menjadikannya keuntungan tersendiri.

Hal ini karena emas batangan merupakan emas dengan tingkat kemurnian yang paling tinggi serta memiliki sertifikat kemurnian sehingga transaksi jual beli emas batangan relatif lebih mudah dan menguntungkan,

Selama belasan tahun terakhir, pemerintah telah memberikan kemudahan bagi masyarakat luas untuk bisa melakukan investasi dalam bentuk emas batangan.

Melalui PT Aneka Tambang (Antam), pemerintah menyediakan layanan pembelian dan penjualan kembali emas batangan mulai dari pecahan 0,5 gram.

Selain di toko emas, emas batangan produksi PT Antam ini juga bisa dibeli di Pegadaian, Kantor Pos, serta beberapa bank syariah yang melayani penjualan dan pembelian emas batangan.

 

Tabel di bawah ini menjelaskan dengan singkat perbedaan antara investasi dalam bentuk emas batangan dan emas perhiasan.

 

Emas Batangan atau Logam Mulia Emas Perhiasan
Cocok sebagai pilihan investasi jangka panjang. Selain sebagai investasi, emas perhiasan juga berfungsi meningkatkan penampilan.
Belum mudah ditemukan, hanya bisa dibeli di Butik Emas Antam, Kantor Pegadaian besar dan di beberapa toko emas. Memiliki harga jual kembali yang stabil dan cenderung naik. Mudah ditemukan di semua toko perhiasan. Harga jual kembali yang kurang bagus karena terpotong oleh biaya pembuatan.
Tingkat kemurniannya 99,99% (24 karat). Tingkat kemurniannya beragam, mulai dari 10 karat hingga 22 karat.
Memiliki sertifikat keaslian yang mencantumkan berat dan kadar kemurnian emas. Hanya berupa nota pembelian yang berisi bentuk atau model, berat, dan kadar emas. Tidak ada sertifikat khusus.

 

Emas Batangan

Emas batangan dianggap sebagai bentuk investasi emas yang paling ideal untuk jangka panjang karena kenaikan harganya stabil sehingga cukup aman jika Anda berencana menjualnya di masa depan.

Oleh sebab itu, investasi dalam bentuk emas batangan merupakan bentuk investasi pilihan menarik hingga saat ini.

Kemurnian emas batangan juga lebih terjamin karena setiap kepingan emas selalu disertai dengan sertifikat yang mencakup nomor identitas emas, berat, ukuran kadar, serta standar sertifikasi yang digunakan.

Hal ini tentu bisa menjadi pertimbangan bagi Anda dalam memilih investasi ini, sebab sejumlah uang yang Anda keluarkan akan lebih terjamin dan Anda bisa berinvestasi dengan rasa aman.

Emas batangan belum banyak dijual di toko-toko emas karena memang peminatnya yang tidak sebanyak perhiasan emas.

Untuk membeli emas batangan atau logam mulia, Anda bisa membelinya melalui layanan penjualan emas batangan resmi seperti Butik Emas milik PT Antam dan kantor-kantor Pegadaian.

Saat ini pembelian emas batangan atau logam mulia juga bisa dilakukan secara online melalui website logammulia.com, Pegadaian Online, maupun online marketplace terkemuka lainnya seperti Tokopedia dan Bukalapak.

Jangan tergiur dengan harga murah, tetaplah berhati-hati saat membeli emas, terutama ketika Anda membelinya melalui orang yang tidak Anda kenal baik atau melalui toko online.

Desain emas batangan sangat sederhana sehingga sangat mudah untuk dipalsukan.

 

Emas Perhiasan

Hampir semua orang menyukai perhiasan emas, terutama kaum hawa.

Hal inilah yang mendasari mengapa banyak orang memilih untuk berinvestasi emas dalam bentuk perhiasan.

Selain untuk investasi, emas dalam bentuk perhiasan bisa digunakan sebagai aksesoris.

Emas kerap dijadikan perhiasan karena penilaian orang terhadap emas ini cukup tinggi sehingga mampu menunjang penampilan seseorang,

Ada anggapan di masyarakat kita bahwa semakin banyak perhiasan emas yang begelantungan di tubuh seseorang, maka artinya orang tersebut semakin kaya.

Sejak dulu emas memang perhiasan lebih mudah didapatkan dibandingkan dengan emas batangan karena bentuknya yang lebih menarik.

Hampir dipastikan bahwa toko perhiasan terdekat di kota Anda menjual emas dalam bentuk perhiasan.

Tidak hanya di kota besar, toko-toko emas yang menjual perhiasan banyak ditemukan di hampir seluruh wilayah kecamatan yang jauh dari perkotaan.

Investasi dalam bentuk perhiasan memang masih banyak dilakukan hingga saat ini, meskipun bisa saja tidak memberikan keuntungan yang maksimal.

Seperti emas batangan, tetaplah waspada dengan kemungkinan beredarnya perhiasan emas palsu di pasaran.

Apalagi tidak semua orang memiliki keahlian dan alat untuk mengukur kadar emas yang mereka beli.

Penting bagi Anda mempertimbangkan dengan cermat tempat di mana Anda akan membeli perhiasan emas tersebut.

Pastikan Anda membayar perhiasan Anda sesuai dengan kadar emasnya.

Harga perhiasan emas juga termasuk biaya pembuatannya yang tentu saja bergantung pada tingkat kerumitannya.

Tidak tanggung-tanggung, jumlah biaya pembuatan kalung, gelang, anting, dan cincin emas berkisar antara 10%-20% dari nilai emas itu sendiri.

Bahkan, beberapa toko perhiasan ternama tak segan menerapkan biaya pembuatan yang lebih dari 30% pada perhiasan mereka.

Tentu semakin rumit desain sebuah perhiasan, maka semakin mahal pula biaya pembuatan yang ditetapkan.

Yang perlu Anda catat adalah bahwa biaya pembuatan yang dikenakan toko perhiasan biasanya tidak akan dihitung ketika Anda menjual kembali perhiasan emas tersebut.

Artinya, toko perhiasan hanya akan membayarkan sejumlah uang yang sesuai dengan nilai jual bahan dasar emas itu saja.

Harga yang dihitung hanya berdasarkan berat serta kadar emas dan disesuaikan dengan harga pasaran emas yang berlaku saat itu.

Tentu saja hal ini menyebabkan Anda akan kehilangan sejumlah uang sebesar biaya pembuatan perhiasan.

Untuk mengurangi kerugian tersebut, pertimbangkan untuk memilih desain perhiasan yang tidak terlalu rumit.

 

Mana yang Lebih Baik, Investasi Emas Batangan atau Perhiasan?

Seperti yang kita bahas sebelumnya bahwa harga emas terbilang stabil dan bahkan cenderung mengalami peningkatan.

Oleh karena itu, emas merupakan bentuk investasi yang paling populer sejak zaman dahulu, sebelum pasar modal dan properti mulai menjamur.

Emas seolah memiliki sebuah pesona tersendiri sehingga sejak dahulu kala, pembahasan tentang investasi emas tidak pernah sepi peminat.

Jika Anda memiliki keinginan untuk berinvestasi emas, maka Anda tentu paham bahwa investasi ini lazim dilakukan dalam bentuk emas perhiasan ataupun emas batangan.

Kedua bentuk investasi emas tersebut tentu memiliki kerakteristik serta keunggulan masing-masing yang akan sangat mempengaruhi nilai investasi Anda di masa depan.

Sangat penting bagi Anda untuk mempertimbangkannya sejak awal, agar investasi emas Anda bisa menghasilkan cuan yang lebih maksimal.

Sebagian besar orang menganggap bahwa investasi dalam bentuk emas batangan atau logam mulia adalah pilihan yang tepat dan paling menguntungkan.

Naun lain halnya jika Anda lebih memperhatikan penampilan atau sering tampil di depan umum, bisa saja Anda akan merasa lebih cocok untuk mengoleksi perhiasan emas sembari nerinvestasi.

Tentu ini akan sangat tergantung pada niat dan juga kondisi keuangan Anda.

Cobalah untuk mempertimbangkan poin-poin di bawah ini sebelum Anda memilih emas batangan atau emas perhiasan sebagai investasi.

 

1. Tentukan Apa Tujuan Investasimu

Kenali dan pahami tentang tujuan Anda melakukan investasi emas itu sendiri.

Jangan sampai keuntungan Anda di masa depan menjadi tidak maksimal akibat salah pilih.

Jika tujuan investasi Anda adalah untuk jangka waktu yang cukup panjang, maka ada baiknya Anda melakukan investasi dalam bentuk logam mulia atau emas batangan.

Emas batangan memiliki nilai jual kembali yang lebih stabil untuk masa depan, sedangkan emas perhiasan cenderung mengikuti trend, terutama bentuk dan modelnya.

Semakin rumit bentuk perhiasan emas, biasanya akan semakin mahal harganya.

Namun dalam beberapa tahun kemudian, bentuk rumit dari sebuah perhiasan akan menjadi jadul atau tidak lagi populer sehingga harga jual perhiasan tersebut akan menjadi kurang bagus.

Selain itu sangat jarang emas perhiasan memiliki sertifikat yang mencantumkan kadar kemurnian emas dan biasanya hanya dicantumkan di nota pembelian.

Maka dari itu, Anda harus melengkapi emas perhiasan Anda dengan nota pembelian jika suatu saat ingin menjual kembali emas Anda.

 

2. Ketahui Harga Emas Terkini di Pasaran

Selalu perhatikan harga emas di pasaran ketika Anda akan berinvestasi dalam bentuk emas.

Jika harga sedang tidak stabil dan fluktiatif selama beberapa pekan terakhir, maka sebaiknya Anda tunda dulu niat untuk melakukan investasi emas.

Sangat berisiko jika Anda membeli emas perhiasan saat harga emas melonjak tinggi.

Lebih aman jika Anda membeli emas batangan atau menunggu ketika harga emas mulai turun dan stabil.

Selain itu, spread atau perbandingan harga beli dan harga jual antara emas perhiasan dan emas batangan bisa jauh berbeda.

Spread harga beli dan harga jual emas batangan di toko emas biasanya lebih kecil dari pada spread harga beli dan harga jual emas perhiasan sehingga keuntungan bisa lebih besar dan kerugian bisa lebih kecil.

Mencari informasi harga emas batangan atau logam mulia jauh lebih mudah daripada informasi harga emas perhiasan, apalagi semakin banyaknya tempat penjualan emas online.

Portal berita biasanya juga akan memberikan informasi harga dasar emas setiap harinya.

Harga emas perhiasan dengan kadar karat dan berat yang sama bisa berbeda antara satu toko dengan toko yang lain.

 

3. Pilih Tempat dan Cara Membeli dan Menjual Emas yang Aman dan Cocok dengan Anda

Anda wajib mempertimbangkan hal ini jika Anda berniat investasi emas dalam bentuk perhiasan maupun logam mulia.

Jangan sampai Anda membeli emas palsu atau kadar emasnya tidak sesuai dengan harga yang harus Anda bayarkan.

Anda bisa yakin bawah Kantor Antam, Butik Emas Antam, Pegadaian, dan Bank Syariah adalah tempat yang aman untuk membeli emas batangan.

Namun permasalahannya adalah biasanya tempat-tempat tersebut hanya melayani pembelian dan penjualan emas di hari kerja.

Emas perhiasan biasanya hanya dijual di toko-toko emas di pasaran, baik online maupun offline yang juga buka pada hari Sabtu dan Minggu.

Biasanya selain menyediakan emas perhiasan, toko emas juga menyediakan emas batangan atau logam mulia.

Oleh karena itu, sebelum investasi emas dalam bentuk perhiasan, Anda wajib melakukan survey toko emas terpercaya dan aman sehingga dapat Anda jadikan langganan.

Emas batangan atau logam mulia jauh lebih mudah dijual dan digadaikan di manapun, baik ke toko emas, pegadaian, bank, ataupun ke perorangan.

Lain halnya dengan emas perhiasan, yang lebih sering diberikan harga jual kembali yang lebih baik jika Anda menjualnya di toko tempat Anda membeli emas perhiasan tersebut.

Apa Saja Penyebab Fluktuasinya Harga Emas? Berikut Ulasannya.

 

Jadi, mana yang lebih baik dan lebih menguntungkan? Investasi emas batangan atau perhiasan?

Bagikan kepada teman-teman Anda...

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *