4 Alasan Mengapa Cloud Storage Bisa Menjadi Solusi

Cloud Storage
https://jojonomic.com/

Cloud Storage bisa menjadi solusi ketika ketika smartphone Anda sudah kehabisan space kosong namun Anda belum mau menghapus data-data lama Anda, di samping membeli sdcard dengan kapasitas yang lebih besar.

Cloud merupakan media penyimpanan online yang akan memberikan Anda kapasitas penyimpanan yang lebih besar, mudah diakses dari mana saja (selama ada koneksi internet), serta lebih aman dari berbagai macam kejadian yang tidak Anda inginkan.

Sebagai contoh, cloud bisa menjadi solusi yang untuk meminimalisasi kemungkinan file hilang ketika Anda tidak sengaja mereset smartphone Anda.

Atau pada suatu waktu, smartphone Anda kecopetan.

Berikut ini beberapa keunggulan dari cloud storage yang perlu Anda ketahui.

 

1. Kapasitas besar dan abadi

Cloud storage memiliki kapasitas yang besar dan “abadi” sehingga anda bisa menggunakannya untuk menyimpan file dalam yang jumlah yanng banyak sekaligus.

Selain kapasitas besar yang dimiliki, cloud storage memungkinkan untuk meminimalisasi kerusakan file karena biasanya mereka memiliki backup system.

Anda juga tidak perlu khawatir dengan serangan virus, karena pada umumnya cloud storage sudah bekerja sama dengan perusahaan antivirus ternama.

 

2. Cloud Storage bisa diakses dimanapun dan kapanpun

Selain kapasitasnya yang besar, cloud storage juga diakses dimanapun dan kapanpun Anda mau selama Anda memiliki akses internet.

Dengan smartphone dan laptop atau PC Anda, tentu saja Anda dapat dengan mudah mengakses layanan cloud storage ini dengan mudah dan tentu saja lebih praktis.

 

3. Privasi lebih terjaga

Dengan menggunakan cloud storage, privasi data di smartphone dan laptop atau PC Anda lebih terjaga. Disamping tidak ada data apapun di gadget Anda, dibutuhkan password untuk mengakses cloud storage Anda.

Jadi, misalnya gadget Anda tercuri atau ditemukan oleh orang lain, mereka tidak akan menemukan data apapun di gadget Anda, karena semuanya sudah Anda simpan di cloud storage.

 

4. Memiliki banyak penyedia layanan

Banyak pilihan cloud storage yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan Anda dengan keunggulannya masing-masing.

Baik kapasitas penyimpanan, keamanan, aplikasi mobile, dan fleksibilitas integrasi dengan layanan lainnya. Anda juga bisa mempertimbangkan, apakah Anda memerlukan layanan yang gratisan atau yang berbayar.

Contoh layanan gratis yang sudah terintegrasi dengan layanan lainnya adalah Google Drive dari Google yang teintegrasi dengan semua layanan Google

Ada juga One Drive dari Microsoft yang terintegrasi dengan aplikasi Microsoft Office, baik Office 365, maupun Office Professional terbaru.

Bagaimana dengan rekomendasi cloud storage gratisan versi Sejingga.com? Berikut beberapa cloud storage yang paling populer di kalangan pengguna internet.

 

 

1. Google Drive

Google Drive

Kapasitas yang diberikan Google Drive versi personal sebesar 15GB, dan tentu sudah cukup untuk menyimpan lebih dari 1000 dokumen word.

Keistimewaan Google Drive ada di balik nama besar Google dengan Androidnya yang sangat populer di dunia saat ini.

Seperti kita semua tahu, Google memiliki banyak aplikasi yang terintegrasi satu sama lain. Jadi kita bisa menghubungkan Google Drive kita dengan Google Docs, Google Photos, atau bahkan Youtube sekalipun.

 

2. One Drive

One Drive

One Drive bisa menjadi pilihan berikutnya berkat kemudahannya untuk berintegrasi dengan aplikasi Microsoft Office keluaran terbaru.

Cukup gunakan Microsoft Office Anda di PC, Anda bisa langsung membuat dan memodikasi dokumen Anda seperti biasa, lalu langsung menyimpannya di One Drive.

Anda hanya perlu memiliki akun email Microsoft Outlook. Jika Anda karyawan kantoran, biasanya Anda memiliki email kantor berbasis Microsoft Exchange yang juga dapat Anda gunakan.

Apalagi jika sudah menggunakan Windows 10, Anda tidak akan terlalu merasakan perbedaan sedang memodifikasi file secara online atau offline.

Yang cukup unik adalah ketika kita memiliki akun email Microsoft Outlook lalu kemudian ingin mengirim email dengan attachment. Akan ada pilihan attachment akan dikirimkan bersama email, atau akan disimpan di One Drive.

Kapasitas penyimpanan One Drive hanya sebesar 5GB, sepertiga kapasitas Google Drive. Tapi dengan layanan premium, Anda bisa medapatkan kapasitas penyimpanan hingga 1TB

 

3. Dropbox

Dropbox

Dropox termasuk layanan penyimpanan yang sudah cukup lama dan juga gratis.

Karena layanannya hanya berupa tempat penyimpanan saja, integrasi dengan layanan lainnya tidak dapat langsung dilakukan tanpa adanya sinkronisasi terlebih dahuu.

Kapasitas penyimpanan gratisnya sebesar 2GB, dan layanan premiumnya memberikan kapasitas penyimpanan hingga 3TB.

 

4. MediaFire

MediaFire

Salah satu fitur unik MediaFire adalah kita bisa menggunakan fasilitas penyimpanan gratisnya tanpa perlu memiliki akun. Namun, file hanya akan disimpan selama 14 hari saja.

Itu mungkin sudah cukup bagi Anda yang hanya ingin menyimpan file sementara saja, atau mengirimkan file berukuran besar kepada keluarga di rumah.

Dengan kapasitas gratisnya yang hanya 2GB saja, mungkin MediaFire bisa jadi pilihan di saat darurat, karena fasilitas penyimpanan tanpa perlu registrasi.

 

5. iCloud

iCloud
https://upnewsinfo.com/

iCloud merupakan cloud storage besutan Apple Inc., di mana sudah dipastikan dapat berintegrasi dengan semua produk keluaran Apple.

Apple terkenal dengan kemudahannya terintegrasi dengan antar perangkat, termasuk cloud storage-nya.

Anda bisa melakukan banyak hal dengan iCloud, seperti sinkronisasi data perangkat dan iCloud, auto-backup, atau memindahkan seluruh data dari iPhone Anda.

Fitur lainnya adalah Anda dapat dengan mudah berbagi file seperti foto dan video ke sesama pengguna iCloud semudah mengirim pesan singkat.

 

Itulah beberapa alasan mengapa layanan cloud storage bisa menjadi solusi penyimpanan dapat Anda pilih serta rekomendasi cloud storage gratisan.

Semoga dapat dijadikan referensi dan pertimbangan apakah akan menambah kapasitas penyimpanan gadget Anda atau memilih cloud storage.

 

 

Bagikan kepada teman-teman Anda...

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *