Kiat Sukses Berkarir di Masa Depan (Untuk Anak Muda)

Kiat Sukses Berkarir di Masa Depan
Pixabay.com – Gerd Altmann

Secara umum usia produktif merupakan masa yang menjadi penentu, khususnya dalam menentukan karir sebagai orang dewasa.

Namun rata-rata mereka yang barus saja menginjak masa produktif, mungkin saja kerap kali memikirkan tentang karir atau pekerjaan yang tepat sebagai bagian dari kesuksesan hidup di masa yang akan datang.

Selain itu juga, banyak yang berpikir jika memiliki karir yang tinggi akan memberikan penghasilan besar sehingga dapat menikmati penghasilan tersebut.

Akan tetapi tentunya kenyamanan merupakan hal yang juga tak kalah pentingnya untuk melakukan pekerjaan sebagai karir yang dimiliki.

 

Baca juga: Ide Bisnis Sampingan dari Hobi? Berikut ini 10 Di Antaranya

 

Memilih Pekerjaan untuk Karir yang Tepat Sebagai Bekal di Masa Depan

Baik itu pendapatan yang besar maupun juga kepuasan dalam bekerja serta kenyamanan untuk menjalani pekerjaan tersebut.

Sehingga hal yang perlu dilakukan adalah mendapatkan gambaran sedini mungkin tentang karir apa yang nantinya harus dikejar dan juga dicapai setinggi mungkin.

Berikut beberapa langkah yang bisa membantu dalam membuat gambaran mengenai karir yang nantinya akan dicapai:

1. Menemukan dan menentukan bidang yang paling dikuasai

Yaitu dengan membuat awalan dari sebuah karir dengan memiliki pekerjaan yang sesuai dengan bidang yang paling kita dikuasai.

Melakukan pekerjaan di mana tidak menguasai di bidang tersebut kecil kemungkinannya untuk menjadi yang terbaik di bidang tersebut sehingga membutuhkan banyak usaha.

Memang bukan hal yang mustahil untuk dapat meraih kesuksesan dengan bidang yang tidak kita kuasai, namun perlu dengan melakukan latihan yang konsisten dan lebih keras.

Akan tetapi memang manusiawi jika kenyamanan merupakan hal yang harus ditemukan dalam melakukan pekerjaan, sehingga kenyamanan tentunya ada di sebuah pekerjaan di mana bidang tersebut benar-benar dikuasai.

Melakukan pekerjaan di bidang yang kurang kita kuasai hanya akan membuang waktu.

Selain tidak memberikan kemampuan maksimal saat bekerja, juga bisa menghambat karir kita, atau bahkan karir orang lain.

2. Lakukan pekerjaan dengan bidang yang diminati

Walaupun ada suatu keahlian yang sangat dikuasai, namun pastikan untuk tidak pernah melupakan bahkan juga menghilangkan bidang yang sangat kita minati.

Adapun ciri untuk mengetahui apakah ada minat atau tidaknya dalam melakukan suatu pekerjaan yaitu selalu memiliki semangat yang tinggi saat mengerjakan pekerjaan tersebut.

Selain itu, jika ada kendala dalam pekerjaan, tidak akan mempengaruhi kinerja kita dalam mengerjakan pekerjaan tersebut.

Justru sebaliknya, tantangan tersebut akan membuat kita terpacu untuk lebih meningkatkan kemampuan kita.

3. Libatkan bidang yang diminati untuk mencapai karir

Seperti dibahas di poin 1 dan 2, bahwa karir yang tepat adalah karir di mana bidang yang diminati dan juga dikuasai tersebut berada di dalam pekerjaan yang dilakukan.

Bisa jadi, antara bidang yang kita kuasai dan juga bidang yang kita minati menjadi suatu gabungan yang nantinya justru akan lebih memunculkan karir yang lebih maju lagi.

Sehingga kesenangan dan juga kenyamanan melakukan pekerjaan akan sekaligus dapat menghasilkan penghasilan yang besar.

 

Baca juga: Tips Work from Home yang Benar agar Tidak Mudah Lelah

 

3 Kiat Sukses Berkarir untuk Karir yang Tepat di Masa Depan

Secara umum dunia pekerjaan memiliki dua klasifikasi besar, yaitu di bidang jasa atau bidang fungsional yang bergelut di bidang keuangan, desain, hingga pemasaran.

Kemudian bidang industri yang meliputi produk jadi seperti produk kemasan, ritel pakaian, termasuk juga dengan perusahaan yang bergerak di bidang pembuatan perangkat lunak maupun juga perangkat keras.

Meskipun demikian, terdapat beberapa garis antara bidang industri dan juga fungsional yang mungkin saja akan membingungkan.

Sehingga hal yang harus dilakukan yaitu dengan tiga langkah yang diantaranya adalah;

1. Lakukan beragam jenis bidang

Meskipun akan membutuhkan banyak waktu, namun cara terbaik dalam berlatih adalah belajar melalui kesalahan dilakukan.

Memaksimalkan usaha dengan bereksperimen di bidang yang disukai dan diminati yang kemudian dipadukan dengan keahlian yang dimiliki bahkan bisa membangun hal yang kecil menjadi lebih besar jika terus dilakukan secara optimal.

Dan itulah karir yang ditapaki untuk dicapai lebih tinggi.

2. Belajar dari yang telah ahli

Dengan meluangkan waktu bersama orang-orang yang memiliki keahlian di bidang yang sama akan menjadi pelajaran yang sangat berharga.

Tak jarang jika hampir di setiap bidang seringkali ditemukan komunitas untuk saling berbagi

Dan jika memungkinkan, gunakanlah komunitas sebagai salah satu langkah untuk menempuh kesuksesan karir tanpa keluar dari bidang yang kita sukai.

Mintalah pendapat atau solusi dari teman-teman di komunitas.

3. Menemukan hal yang dapat memicu kesuksesan maupun kegagalan

Jika kita telah menemukan pemicu yang dapat meningkatkan semangat, maka keinginan untuk meraih kesuksesan juga lebih tinggi.

Bisa dikatakan, sebuah ambisi bukanlah sesuatu hal yang salah, namun jadikan suatu hal harus mampu memberikan kenyamanan.

Keseimbangan tersebut akan menjadi pemacu untuk memaksimalkan usaha.

 

Baca juga: 8 Tips Menyiasati Kebiasaan Boros

 

Tiga langkah di atas merupakan cara untuk menentukan bidang yang diminati dan tentunya juga untuk sebagai penentu dari bidang tersebut apakah akan terus dilakukan sebagai karir yang pantas untuk dicapai atau hanya membuang waktu tanpa adanya perubahan dan juga perkembangan yang siginifikan.

Perlu juga diketahui bahwa akan selalu ada perubahan atau keadaan yang tidak menentu yang bisa saja akan mengubah jalan karir yang tengah dirintis.

Sehingga peranan dari mental yang kuat menjadi landasan bagi mereka yang ingin mencapai kesuksesan karir dan pekerjaan.

Salah satu caranya yaitu dengan memperkaya dan memperdalam pengetahuan dari apa yang telah kita kerjakan, terutama potensinya.

Selain itu, mengenali diri sendiri juga tak kalah pentingnya.

Memilih karir yang tepat juga bukan hanya dilakukan sejak memasuki masa atau usia kerja yang ditandai dengan lulus sekolah atau lulus kuliah, melainkan sedini mungkin.

Seperti halnya memilih jurusan sekolah atau kuliah.

Kemudian yang wajib kita pelajari adalah manajemen keuangan dan juga investasi, Sehingga saat memiliki uang lebih, kita dapat berinvestasi untuk melipatgandakan uang kita.

Kalau kita mampu, mulailah untuk mencoba usaha sendiri tanpa merasa takut dengan yang namanya kegagalan.

Karena setiap kemajuan dari karir yang ditempuh tidak pernah terlepas dari yang namanya kegagalan dan pastinya jangan sampai melupakan untuk bangkit lagi.

Bagikan kepada teman-teman Anda...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *